Subscribe:

Sample text

Social Icons

Senin, 04 Februari 2013

Perawatan setelah Melepas Kawat Gigi




Ingin memiliki senyum bagaikan selebritis?. Pasti semua menginginkannya. Namun bagaimana jika mengalami krisis susah senyum akibat susunan gigi yang berantakan?. Susunan gigi yang tidak selaras menyebabkan beberapa masalah, seperti krisis percaya diri, atau memakai kawat gigi logam, yang bagi kebanyakan anak-anak atau para remaja merasa tidak nyaman memakainya di tempat-tempat umum.

Alternatif untuk kawat gigi remaja, dikategorikan menjadi 2 bagian yakni, yang permanen, dan yang bisa dilepas.
Untuk yang permanen, meliputi :
  • Pemilihan Permanen, jika gigi tanggal, atsau sompel (pecah), ini dipakai untuk menjaga ruang antara gigi yang berdekatan sampai gigi palsu terpasang.
  • Permanen-Khusus, ini digunakan untuk mengontrol dorongan lidah, agar tetap melekat pada gigi. namun uinu menimbulkan rasa tidak nyaman selama makan
Untuk yang bisa dilepas, meliputi :
  • Headgear. Perangkat ini membantu untuk menarik kembali gigi depan ke belakang, dan menahan gigi bagian belakang. Hal ini juha memperlambat pertumbuhan rahang atas.
  • Removable Retainers. Ini dikenakan diatas langit-langit mulut dan mencegah gigi dari pergeseran dari posisi terakhirnya.
  • Palatal Expander. Dikenakan pada langit-langit mulut, terbuat dari palstik, gunanya memperluas lengkungan rahang atas.
  • Jaw Repositioning. Membantu menutup rahang dalam, dengan posisi yang lebih nyaman. Ini dapat dipakai di rahang bawah atau atas.
Bebas dari Kawat Gigi : Hilang Khawatir, Senyum Lebih Percaya Diri

Melepaskan kawat gigi akan meninggalkan bekas samar, untuk itu perlu memakai penahan gigi, untuk menyelaraskan gigi, dengan menerapkan tekanan halus dan mengaturnya ke posisi alami gigi, serta membersihkan gigi. Setelah itu, pastinya tidak akan ragu lagi untuk menebar senyuman ke semua orang, bahkan ditempat ramai sekalipun. jadi, tidak ada alasan untuk malu dengan kawat gigi bening ini (penahan gigi).


Cara Menjaga Penahan Gigi Tetap Bersih, setelah Kawat Gigi Dilepas

Memakai penahan gigi, paling disukai pasien ortodontik. Setelah bertahun-tahun memakai kawat gigi, dan kini saatnya akan segera "dilepas?", untuk itu perlu memakai  penahan gigi. Dokter gigi akan menyarankannya, atau gigi beralih kembali seperti saat sebelum memakai kawat gigi.

Mengapa Perlu Memakai Penahan Gigi?

Setelah memakai kawat gigi, ligamen gusi yang menahan gigi yang masih longgar akibat tekanan kawat gigi, secara bertahap mulai beralih mengenakan penahan gigi pada malam hari. Seiring waktu tekanan pada penahan gigi akan menggerakkan gigi. Dengan mengenakan penahan akan membantu untuk memastikan bahwa gigi tetap 'ditahan' seperti saat memakai kawat gigi.

Cara Membersihkan Penahan Gigi

Salah satu tantangan terbesar bagi pemakai alat ini, (invisalign-jenis tray aligner) menjaga penahan dan aligners bersih. Karena bakteri akan menumpuk di alat terebut. Jika tidak dibersihkan, kotoran yang menumpuk akan mengeras, dan menjadi susah untuk dibersihkan. Hal ini berlaku untuk semua jenis penahan gigi (plastik dan bahan kawat hawley, penahan Essix bening, tray aligner, dan peralatan bruxism, dan lain-lain).

Bagaimana Menjaga Penahan Gigi Tetap Bersih dan Bebas Bau?
  • Sebelum memasang penahan, bilaslah terlebih dahulu
  • Sikat gigi dengan baik dan benar
  • Bagi pengguna gigi palsu, bersihkan dengan obat khusus
  • Disarankan merendam penahan gigi kedalam larutan hidrogen peroksida, yang diencerkan dengan air, atau obat kumur, yang mengandung alkohol
Jadikan ini suatu rutinitas, untuk tetap menjaga kesehatan mulut, dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, untuk memastikan gigi dalam kondisi sempurna sampai tua. Hindari makan makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, untuk menghindari kerusakan gigi. Juga perlu membersihkan dan menyikat gigi sehabis makan. Lakukan langkah-langkah kecil seperti ini untuk memastikan bahwa senyum awet selamanya, senyum cemerlang.



1 comments:

tutorialterkini mengatakan...

maksh atas cara nya mas ...salam kenal

Posting Komentar